Rss Feed
Rss Feed

Sabtu, 08 Juni 2013

PROFIL TONY Q RASTAFARA

Untuk manteman seluruh Nusantara nggak boleh nggak tahu ya tentang mas Tony Q. Soalnya ia tuh inspiratif banget. Yo man. Banyak hal-hal unik yang dimunculkannya. Kamu pengen tahu? Istilah “rambut gimbal” (gaya rambut dreadlock) yang mempulerin siapa? Ya mas Tony ini. Sampai-sampai ia buat judul lagu lho. Uye banget deh pokoknya. ... ............


Tony Q Rastafara

"reggae nggak harus gimbal, gimbal nggak selalau reggae, reggae nggak harus beganjo, beganjo nggak selalu reggae, reggae musiknya pecinta damai" 

Untuk manteman seluruh Nusantara nggak boleh nggak tahu ya tentang mas Tony Q. Soalnya ia tuh inspiratif banget. Yo man. Banyak hal-hal unik yang dimunculkannya. Kamu pengen tahu? Istilah “rambut gimbal” (gaya rambut dreadlock) yang mempulerin siapa? Ya mas Tony ini. Sampai-sampai ia buat judul lagu lho. Uye banget deh pokoknya.

Nama asli dari mas Tony Q adalah Tony Waluyo Sukmoasih. Ia lahir di Semarang, Jawa Tengah, 27 April 1961. Kalau sampai sekarang, bisa diitung sendirilah umurnya sudah berapa. Layaknya manusia biasa, soalnya Mas Tony Q emang bukan nabi, ia juga sekolah. Ia sempat lulus dari sebuah STM perkapalan di kota kelahirannya itu.

Sebelum akhirnya menjadi musisi reggae yang terkenal seperti saat ini, mas Tony q juga pernah kerja sebagai quality control di sebuah pabrik pengalengan Singapura, tapi mungkin ia nggak betah kali ya, hingga ia mutusin memilih ngamen dan nyiptain lagu ketimbang kerja di pabrik. Mas Tony Q sempat ngamen selama kurang lebih 6 tahun di Blok M, Jakarta dan sekitarnya.

Menurut wawancara dengan mas Tony Q di Radio Nederland Wereldomroep, sebelum terjun di musik reggae, ia pernah memainkan blues, rock, bahkan musik country. Tahun 1989 mas Tony Q akhirnya memilih menekuni musik reggae yang menurutnya tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat. Tony Q mengaku sangat mengidolakan Bob Marley, almarhum musisi reggae kenamaan asal Jamaika. Tapi ia juga menegaskan, ia mengidolakan Bob Marley itu karena semangatnya. Bukan karena ajaran “rastafari” yang dianutnya.


Perjalanan bermusik

Mas Tony Q memulai karier musik reggae sejak tahun 1989 dengan grup musik Roots Rock Reggae. Biasa manggung dari kafe ke kafe atau acara pentas musik yang ada di Jakarta. Setelah tergabung dengan banyak band reggae seperti Exodus dan Rastaman, akhirnya pada tahun 1994 ia membentuk grup musik Rastafara yang menjadi cukup terkenal sebagai pengusung aliran musik reggae di Indonesia saat itu.

Bersama Rastafara dia sempat merilis dua album, yaitu "Rambut Gimbal" (1996) dan "Gue Falling In Love" (1997). Hampir semua lagu dalam album tersebut diciptakan mas Tony Q. Lagunya kebanyakan bertema sosial, kemanusiaan, cinta, dan kehidupan masyarakat sehari-hari.

Rastafara saat itu dinilai sangat berbeda dengan grup musik reggae lainnya yang kebanyakan marley sentris. Mereka memunculkan reggae khas Nusantara dengan memadukan unsur-unsur musik dan instrumen tradisional seperti kendang, gamelan, tamborin dan lain-lain sehingga memunculkan reggae rasa Nusantara. Pada aransemen musiknya pun sepintas terlihat unsur-unsur musik Melayu, musik khas daerah Sumatera Utara, atau Sumatera Barat.

Pada tahun 1997 Rastafara memutuskan untuk vakum dalam musik karena kurangnya pasar musik reggae di Indonesia. Mas Tony Q kemudian membentuk band baru dengan tetap membawa nama Rastafara. Tahun 1998 terbentuklah Tony Q & New Rastafara, dengan format band mendapat pemain tambahan. Tetapi kemudian tahun 2000 Tony Q memutuskan untuk memulai karier solo dengan tetap membawa nama grup musik yang telah membuatnya dikenal oleh para penggemarnya, yaitu Tony Q Rastafara.

Dalam perjalanan karier solonya, mas Tony Q merilis beberapa album. Album solonya yang pertama, "Damai Dengan Cinta" tanpa dinaungi perusahaan rekaman. Pada album solo pertamanya ini mas Tony Q mengalami kemajuan pesat dalam perjalanannya bermusik reggae. Ia sempat diundang untuk tampil dalam ajang  Bob Marley Festival di Amerika Serikat tahun 2002.

Tahun 2003, mas Tony Q Rastafara merilis album solonya yang kedua, "Kronologi". Lagu dalam album tersebut merupakan kumpulan dari beberapa lagu lama dan beberapa lagu yang belum sempat dirilis. Album solo ketiga "Salam Damai" dirilis pada 2005. Dalam album ini mas Tony menyisipkan lagu dengan bahasa Sunda "Paris Van Java" dan Jawa "Ngayogjokarto". Semakin kental deh reggae Nusantaranya.

Lagunya mas Tony Q “pat gulipat” juga masuk dalam album kompilasi musik "Reggae Playground" yang dirilis bulan Februari 2006 di bawah perusahaan rekaman Putumayo World Music, sebuah label rekaman yang berbasis di New York, AS. Musik reagge khas Nusantara pun bisa didengar oleh masyarakat dunia.

Album solo ke empat, "Presiden" muncul dalam rangka menyambut Pemilu 2009 di Indonesia. Menurut Tony Q, album ini dirilis untuk memberikan wacana ke masyarakat penggemar musik reggae supaya tahu bagaimana menyikapi kondisi politik saat itu. Musik dalam album ini kembali menghadirkan unsur tradisional Indonesia seperti kendang Sunda, gamelan, sitar Jawa, tamburin, bahkan trompet reog.

Album bersama rastafara
  1. Rambut Gimballl (1996) - Hemagita Record
  2. Gue Falling in Love (1997) - Blackboard Record

Album Solo
  1. Damai Dengan Cinta (2000) - AK Production
  2. Kronologi (2003) - Indonesia Rasta Production
  3. Headliners “Bob Marley Festival”. Houston TX, Amerika Serikat (2002)
  4. Invitation “Legend of Rasta Reggae Festival”. Houston TX, Amerika Serikat (2003-2005)
  5. Putumayo World Music Album Compilation, “Reggae Playground” – single “Pat Gulipat” (2006) 
  6. Salam Damai (2005) - IM Production
  7. Anak Kampung (2007) - Tony Q Production / 267 Record
  8. Presiden (2009) - Tony Q Production
  9. Kurang Tambah (2010)
  10. Membentang Sayap (2012) dengan rastafara

edy arif tirtana
dari berbagai sumber
mau lagu-lagu mas Tony Q ? KLIK DISINI
   

1 komentar:

PUSAT KELINCI JEPARA mengatakan...

jempol buat semangatnya