Rss Feed
Rss Feed

Jumat, 06 September 2013

YUK BERLOMBA JADI SOBAT TERBAIK

Kamu berani ngaku udah jadi sahabat terbaik buat sobatmu? Eittth, nanti dulu. Belum tentu lho apa yang menurut kamu terbaik bisa dianggap baik oleh temen kamu yang lain. Bisa jadi hal yang menurut kamu baik malah menyakitkan buat sahabatmu. Hi, sulit juga ya kalo gitu. Lalu harus gimana supaya jadi sahabat terbaik?

Pengen tahu? Pengen jadi sahabat terbaik? Kamu hanya perlu luangin sedikit waktu untuk membaca beberapa tips dariku. Coba kamu praktikkan tips-tips yang aku tawarin. Jika kamu mampu praktikkan tips ini dengan baik, dijamin deh, kamu bisa jadi sahabat terbaik buat teman-teman kamu. Jangan lupa baca bismillah ya sebelum pratik. –kata pak kyai sih harus gitu- tapi kalau aku, nggak harus.

Eh, nanti dulu. Ini penting. Kamu punya banyak sahabat bukan? Syukurlah. Kita emang diciptain Tuhan untuk saling mengenal dan bersahabat satu sama lain. Ada lho orang yang nggak punya sahabat. Ia lebih suka mengurung diri di kamar. dan ada satu ciri lagi yang sangat khas, ia suka ngucapin “Kalau Aku Sih Cueks” sama temannya. Nyebelin.

Aduh, kok malah ngelantur sih bahasannya, langsung aja ya. Inilah tips yang aku tawarin dan pasti kamu butuhkan untuk menjadi sahabat terbaik buat orang-orang di sekitarmu, atau yang jauh tapi dekat di hati. Criiing:   
 
 
Jadilah pendengar yang baik. Kamu pernah ngerasa bagaimana jengkelnya ketika kamu berbicara dan temanmu nggak mau ngedengerin dengan baik? Ia malah sibuk clinguk sana, clinguk sini. Hi, pasti nyebelin bukan? Makannya jangan kamu lakukan hal yang sama pada orang lain. Ha..ha..

Coba lihat deh di sekitar kamu. Mulai dari ORTU, kakak, guru, eyang, teman bahkan adikmu pun pengen didengerin. Kamu harus ambil kesempatan ini untuk jadi yang terbaik untuk orang lain. Jarang-jarang lho orang yang nyadarin tentang hal ini. Rata-rata mereka cuman pengen didengerin tapi males ndengerin orang lain. Kemampuan untuk jadi pendengar yang baik diam-diam hilang dari diri kita.

Nah, ini fakta. Kamu punya account facebook bukan? Silahkan cermati apa saja yang distatusin teman-temanmu. Kebanyakan pasti ngabarin tentang apa yang dialaminya. Males juga kan ngeliat update status yang kaya gitu terus-terusan. Tapi itulah bukti konkrit bahwa semua orang butuh untuk didengerin ceritanya.


Kuasai seni komunikasi. Saat ngomong sama orang yang ngerti seni komunikasi, waktu pasti terasa cepet banget berlalunya. Kamu seakan terlena dengan kenyamanan percakapan yang kamu dan ia lakukan. Kamu tidak akan merasa bosen lama bercakap-cakap dengannya. Orang yang ngerti seni berkomunikasi pasti asyik. Dia bisa ngepasin kapan ia harus humor, perhatian, peduli, memberi saran, mengkritik. Pokoknya ia tuh selalu pas gitu lho.
 
 
Jangan suka maksa. Kamu mesti tahu gimana rasanya dipaksa. Hampir semua orang merasa tak nyaman kalau dipaksa. Hal itu juga berlaku untuk sahabatmu. Orang yang maksa itu tanda-tanda orang yang egois. Orang yang hanya mementingkan diri sendiri. Mulai sekarang, pastikan kamu jadi orang yang tidak egois. –tapi jangan pula kamu jadi orang yang nggak berprinsip lho ya-


Pupuk jiwa sosialmu. Lho, jiwa kok dipupuk, kayak tanaman saja. Emangnya bisa? Ah kamu, bukan pupuk kompos atau kandang yang aku maksud, emangnya kamu sayuran. Yang aku maksud adalah kamu lebih bisa membuat peka jiwa kamu dengan hal-hal sosial. Kamu bisa ngerasain penderitaan yang dirasakan orang lain dan berbagi dengannya. Kata bang Iwan Fals, “memberi menenangkan hati.” Cocok. 


Sesekali mintalah tolong atau buat ia bermanfaat. Sebagai sahabat terbaik, kamu juga musti ngijinin sahabatmu melakukan hal yang bermanfaat juga dong. Sesekali mintalah tolong padanya kamu perlu ketahui bahwa secara otomatis orang yang bisa menolong orang lain akan merasakan kebahagiaan tersendiri yang dianugerahkan Tuhan. Kalau nggak percaya, buktiin sendiri deh.


Enjoy your live, -padahal gak mudeng artine- tapi yang penting, nikmatilah hidupmu. Lebih berbahagialah sekarang karena senyummu itu bisa menularkan energi yang sangat kuat bagi teman-temanmu. 

Eh ya, tahu nggak, sebenarnya aku agak kurang suka lho dengan judul yang aku buat di atas “Yuk Lomba Jadi Sahabat Terbaik”. Dalam pikiranku, manusia tidak akan pernah bisa jadi yang terbaik. Manusia tidak ada yang sempurna kawan. Tapi setidaknya, kamu udah punya niatan baik untuk jadi yang terbaik –meski nggak akan bisa sih. Tapi biarlah, semoga Tuhan meridloimu melakukan tipsku ini.

edy arif tirtana
 
Posting Komentar