Rss Feed
Rss Feed

Senin, 03 Juni 2013

YUK KENALAN SAMA ASAM URAT

Apa yang kamu pikir ketika temanmu bilang asam urat. Kebanyakan orang atau bahkan termasuk kamu akan terbayang sebuah penyakit nyeri persendian yang sangat dahsyat. Itu adalah pemahaman yang kurang tepat sebenarnya. Tapi nggak apalah. Biar kamu takut sama asam urat. Lewat artikel ini aku pengen ngenalin kamu lebih dekat pada asam urat.  


YUK KENALAN SAMA ASAM URAT

Semua tumbuhan dan hewan secara alami mengandung kadar asam urat. Sebagian dari Kamu mesti nggak begitu asing sama istilah kesehatan yang satu ini. Ya, istilah ini berhubungan dengan gangguan kesehatan yang banyak dikenal oleh orang-orang dengan usia lanjut. Tapi, tunggu dulu. Penemuan terkini menyebutkan bahwa kadar asam urat tinggi tidak hanya diderita oleh mereka dengan usia lanjut tetapi anak muda dan remaja juga.

Sebutan kadar asam urat tinggi tentu saja mengacu pada kadar asam urat yang berlebih. Batas kadar asam urat dalam tubuh berbeda-beda, namun lumrahnya adalah 5-7mg/dl. Jika sampai  kadar itu terlampaui, maka akan terjadi kristalisasi asam urat. Kristalisasi itulah yang bisa menyebabkan rasa sakit yang amat berat pada sendi dan sekitarnya.

Jika kadar kadar asam urat tinggi, akibatnya Kamu akan merasakan sakit di daerah persendian atau tulang. Kadar kadar asam urat tinggi juga akan menimbulkan peradangan yang berakhir pada rasa nyeri, terutama di bagian pergelangan kaki, punggung kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, tangan atau jari tangan. Selain pada sendi, serangan bisa juga terjadi pada jaringan organ dalam, yakni ginjal yang dapat menyebabkan penyakit kencing batu dan gagal ginjal. Hiii serem.

Kadar asam urat pada lelaki dan wanita memang berbeda. Normalnya, kadar asam urat pada pria hanya boleh mencapai angka 3,5 hingga 7 mg/dl dan untuk wanita 2,6 hingga 6 mg/dl. Jika melebihi angka tersebut, maka sudah dapat dikategorikan sebagai kadar asam urat tinggi. Nah, sekarang waktunya kamu untuk lebih ngerti tentang apa itu asam urat. Kalau sudah ngerti, kamu pasti bisa mengontrol kadarnya kok. Woles ya.  

Apa Itu Asam Urat?

Asam urat merupakan senyawa yang dihasilkan oleh metabolisme di dalam tubuh yang berasal dari purin, bagian dari protein. Senyawa ini secara alamiah akan dilarutkan di dalam darah, lalu masuk ke ginjal dan dibuang melalui air seni. Pada mereka yang mengalami penyakit asam urat, kadar asam urat di darah meningkat atau dapat menyebabkan kadar kadar asam urat tinggi, kemudian, bertumpuk di berbagai jaringan tubuh, terutama pada persendian, dan menimbulkan rasa nyeri yang sangat sakit.

Penumpukan asam urat ini apabila terjadi di saluran kencing maka  akan membatu dan berakhir pada kerusakan ginjal. Menjaga agar kadar kadar asam urat tinggi tidak terjadi pada darah adalah pekerjaan rumah yang harus Kamu "taklukkan". Kayak perang aja ya.

Apa Saja Gejala Penyakit Asam Urat

Kadar asam urat tinggi sama seperti penyakit lainnya. Memiliki gejala yang secara langsung memberitahu Kamu bahwa ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh. Gejala umum yang biasa terjadi adalah rasa nyeri pada bagian persendian.

Waspadalah dan segera tindak lanjuti bila Kamu merasakan gejala seperti kesemutan, linu, dan nyeri, terutama di malam hari atau pagi hari saat bangun tidur.Pada tahap yang lebih serius, sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas, dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi. Kadar asam urat tinggi memang menyebalkan.

Gejala seperti itu awalnya mungkin akan Kamu anggap sebagai pegal-pegal biasa. Tapi, jangan anggap hal ini sepele ketika rasa sakit semakin hebat. Segera periksakan, karena siapa tahu kadar kadar asam urat tinggi mulai menyerang darah Kamu.

Apa Saja Penyebab Kadar Asam Urat Tinggi

Selain gejala, kadar asam urat tinggi tentu saja juga disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut akan membantu Kamu berhati-hati, agar kadar asam urat tidak melonjak cukup drastis. Berikut ini merupakan penyebab kadar asam urat tinggi:

  1. Gangguan fungsi ginjal. Asam urat yang berlebih atau kadar kadar asam urat tinggi seharusnya dibuang oleh ginjal. Namun, karena suatu hal, misalnya penggunaan obat-obatan diuretik, kemampuan ginjal untuk membuang asam urat yang berlebih menjadi menurun dan akhirnya terjadi penimbunan di berbagai jaringan tubuh terutama persendian.
  2. Kegemukan dan faktor turunan. Kedua faktor ini merupakan salah satu penyebab penyakit asam urat. Waspadalah jika Kamu termasuk orang yang gemuk atau ada faktor turunan penyakit asam urat. Jagalah gaya hidup dan pola makan Kamu sehari-hari. Sebisa mungkin hindarilah makan-makanan yang mengandung kadar asam urat tinggi.
  3. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kaya purin. Misalnya, jeroan ayam, sapi, kangkung, melinjo, bayam, ikan sarden, dan lain-lain. Makanan tersebut "ampuh" untuk menaikkan kadar asam urat dalam darah.

Bonus. 
Penyembuhan asam urat secara alami

Untuk menyembuhkan asam urat secara alami, kamu perlu pengobatan dengan bahan-bahan herbal atau tumbuhan. Salah satu contohnya, daun sambiloto dan daun salam. Cara pengolahannya sangat gampang.

  1. Rebuslah daun salam dan daun sambiloto secukupnya di panci kecil dengan 5 gelas air.
  2. Rebuslah terus sampai tersisa satu gelas, dinginkan, lalu minum ramuan sehari tiga kali selama satu bulan.
  3. Selama proses penyembuhan, hindari makanan-makanan yang menjadi pantangan penyakit asam urat.
  4. Lihat hasilnya, jika Kamu telaten dan sabar, serangan kadar asam urat tinggi pun berkurang. Bahkan, hilang sama sekali.
  5. Jaga terus kadar asam urat supaya tidak berubah menjadi kadar asam urat tinggi. Kamu tidak boleh lengah karena kadar asam urat sewaktu-waktu bisa naik kembali.

Begitulah artikel yang bisa aku sampaikan ke kamu. Semoga kamu bisa menjaga diri dari serangan asam urat tinggi dan dari serangan setan-setan yang tercipta. Artikel ini aku ambil dari berbagai sumber. Aku ucapan terimakasih pada sumber-sumber itu.


edy arif tirtana
Posting Komentar