Rss Feed
Rss Feed

Kamis, 10 September 2015

PENGETAHUAN DASAR MEMBUAT WEBSITE (DOMAIN, HOSTING) –untuk sahabatku wahyu-


Langsung saja ya. Mari kita bahas langsung ke titik-titik poinnya saja. Ntar kalau dibahas panjang lebar malah mbuat bingung karena bisa mbulat-mbulet. PISS

Begini, untuk membuat website, yang perlu kita persiapkan adalah domain, hosting dan kemampuan untuk mengelola website itu sendiri. Tenang saja, mengelola website itu kurang lebih sama kok sama mengelola blog. Jadi, bagi kita yang sudah kenal blog dari dulu, pasti bisa mengelolanya.


Yang agak lumayan asing disini palingan istilah “domain” dan “hosting”, iya kan? kalau kamu sudah tahu sih malah syukur banget. Ha..ha…

Gampangnya, domain itu yang macam “.com”, “.info”, “.co.id”, “.ac.id” dsb itu lho. Jika kita ingin membuat website dengan alamat yang seperti itu, maka kita harus membeli domain terlebih dahulu.

Langkah #1: BELI DOMAIN DAN HOSTING

Di Indonesia, sudah banyak kok yang menyediakan hosting dan domain dengan harga yang lumayan murah. Biasanya aku beli hosting dan domain dari www.niagahoster.co.id. Disitu pelayanannya lumayan enak, 24 jam nonstop. Penampakan websitenya seperti ini:




Nah, enaknya lagi. kalau beli hosting disitu, maka diberi gratis 1 domain untuk selamanya. Jadi gak perlu beli domain lagi. Ya, itu kalau kamu butuh domain hanya 1 sih. Kalau kamu mau buat banyak website ya berarti beli domain lagi, dan bayar.

Cara beli hosting dari niagahoster sangat mudah. Kunjungi saja websitenya. Trus klik menu “Hosting” (menu itu letaknya diatas). Sesudah itu, akan buka halaman semacam ini:




Kalau menurutku, mending beli hosting yang model personal saja. Sebab lebih baik dan bisa dimuati domain semau-mau kita unlimited. Jadi, jika kamu kapan-kapan mau buat website, tidak perlu beli hosting lagi.

Setelah kamu pilih, ikuti saja alurnya. Gampang kok, seperti proses beli-beli online di beberapa online shop seperti tokopedia dan lain-lain. Prosesnya, kapaling disuruh untuk bikin akun dulu disitu, untuk kemudian melakukan transfer dan konfirmasi pembayaran.

Ok sobat, sampai sini dulu ya. Lakukan pembelian dulu, jika sudah berhasil, nanti SMS aku lagi untuk aku buatkan tulisan yang berhubungan dengan cara pengelolaan website dari hosting yang telah kamu beli saat ini.

Sobatmu,
edy arif tirtana

1 komentar:

uni syafi mengatakan...

terimakasih bra, juga bermanfaat buat saya nih nitip ini ya bra http://jualhijabgrosir.com/